Tuesday, March 25, 2008

Tak Ada Manusia Bodoh Di Dunia Ini

otak.jpgKemarin saya mampir di blog mas Budi Rahardjo. Ia merasa (senang) menjadi orang bodoh. Kenapa begitu? Menurut saya dengan mengaku dirinya bodoh, maka sah untuk berkata apa saja, tanpa ada rasa salah. Kan orang bodoh....

Tapi saya yakin, seperti komentar saya di sana, mas BR ini tengah mendalami ilmu padi. Semakin padi itu berisi, semakin ia menunduk. Lain dengan padi yang 'tidak jadi' alias kopong. Kepalanya akan tegak menantang.

Sejatinya manusia lahir ke dunia ini sudah membawa segumpal otak, sebagai pembeda dengan mahluk Allah yang lain. Jadi manusia dihadirkan ke dunia adalah sebagai mahluk yang cerdas. Meskipun (hewan) juga punya otak, dalam anatomi hewan, Otak atau encephalon, adalah sentral supervisori dari sistem syaraf. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Sementara Otak manusia juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

otak_einstein_wikipedia.jpgBahkan Otak Albert Einstein sering dijadikan sebagai objek riset dan spekulasi. Otak dari tokoh fisika terbesar di abad ke-20 ini diambil 7 jam setelah kematiannya pada tahun 1955. Otak ini menarik perhatian dunia karena reputasi Albert Einstein sebagai seorang jenius, dan nampaknya kelainan dan ciri khas di dalam otaknya ini mempunyai korelasi kuat dengan kemampuan intelegensi yang menyebabkan terciptanya banyak ide brilyen dalam dunia fisika dan matematika.

Hanya soalnya saat hadir di dunia, mahluk yang bernama manusia itu cukup makan apa tidak? Karena, galibnya, setiap makhluk hidup membutuhkan makanan.

foods_wikipedia.jpgTanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktifitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda.

foodmeat_wikipedia.jpgKarbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. Lemak digunakanmilk_glass_wikipedia.jpg oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.

Intinya, manusia itu butuh makanan (dari tumbuhan) berupa :

Sementara dari hewan berupa :

Ketakcukupan makanan akan membuat manusia menjadi bodoh, walau sejatinya ia punya bekal untuk menjadi cerdas.

Terbukti banyak anak bangsa yang menjadi juara internasional di bidang matematika. Meskipun (yang lebih banyak, celakanya) banyak yang kurang makan.

Kesimpulannya: seperti judul tulisan ini: Tak Ada Manusia Bodoh Di Dunia Ini.

Keadaanlah yang membikin manusia itu (menjadi) bodoh atau (menjadi) cerdas.

[ sumber tulisan : wikipedia ]

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.