Thursday, March 13, 2008

Sains Tampak Mudah dan Menggugah

black-hole-and-baby.jpgDalam bukunya yang fenomenal A Brief History of Time Stephen Hawking dengan tegas mengubah cara berpikir kita tentang fisika, jagat raya dan tentang realitas. Sekarang, buku Lubang Hitam dan Jagat Bayi dan Esai-esai Lain, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Cetakan II, 1995).

Hawking datang untuk membersitkan cahaya baru ke kawasan-kawasan paling gelap dalam ruang-ruang waktu dan menyingkapkan sederet kemungkinan baru dalam upaya kita dalam memahami jagat raya. Dengan mengacu ke karyanya yang terdahulu, Hawking berbicara tentang waktu imajiner, tentang bagaimana lubang hitam dapat melahirkan jagat bayi, dan tentang upaya para ilmuwan untuk menemukan sebuah teori terpadu yang lengkap yang akan menerangkan segala sesuatu di jagat raya.

Ia yakin bahwa itu lumrah, selumrah penerimaan kita atas pandangan bahwa bumi berbentuk bulat. Kumpulan tulisan ini mengungkapkan Hawking sebagai ilmuwan, warga dunia yang prihatin, manusia dan pemikir yang teliti dan imajinatif. Kendati cacat parah akibat ALS (penyakit Lou Gehring) ia berkata bahwa cacatnya memang banyak berpengaruh, tetapi tidak menghalangi kehidupan pribadi dan intelektualnya.

Sebuah komputer khusus membantunya menerjemahkan pikiran-pikirannya ke dalam kata-kata, lalu mengubahnya kata-kata ini menjadi suara. Dengan demikian, ia tetap mampu menulis dan berbicara, mengembangkan gagasan-gagasannya, walaupun secara fisik ia hanya duduk lunglai di atas kursi rodanya.

[ Review ini pernah saya tulis di sono ]

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.