Wednesday, March 12, 2008

Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan

mendidik-anak.jpgPelbagai kebiasaan balita sebenarnya sudah terbentuk saat mereka masih dalam kandungan. Soal makan, misalnya, pada usia kehamilan 8 minggu, indera perasa mulai muncul pada lidah bayi. Pada minggu ke-12 bayi sudah dapat menelan, dan mengecap rasa pada usia 20 minggu sebelum kelahiran. Sementara itu, ibu-ibu hamil, demi memanjakan selera makannya yang kadang tidak umum, sering hanya doyan makanan jenis tertentu, misalnya bakso, es krim atau permen coklat tadi.

Dalam buku ini (Cara Baru Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, tulisan F. Rene van de Carr, M.D. dan Marc Lehrer, Ph.D., Penerbit KAIFA, Bandung, 1999) menunjukkan bahwa beberapa kebiasaan baik yang dibentuk secara konsisten oleh ibu-ibu hamil pada dirinya dan bayinya selama kehamilan dapat mengurangi pelbagai kesulitan yang mungkin timbul ketika sang anak sudah lehir kedunia. Secara teratur mendengar irama musik tertentu (atau mendengarkan suara orang mengaji, misalnya) atau berceritera dan berdendang untuk si jabang bayi dalam kandungannya, atau melakukan relaksasi, akan memungkinkan ibu-ibu hamil bisa menjalin komunikasi dan membina hubungan positif dengan bayinya.

Buku ini juga mendemontrasikan cara melakukan pelbagai latihan pralahir (prenatal classroom) yang aman bagi bayi yang dikandung sehingga niscaya akan didapatkan anak yang sehat secara fisik dan cerdas secara emodional. Karya Rene van de Carr dan Marc Lehrer ini merupakan hasil penelitian puluhan tahun di bidang stimulasi pralahir dan sudah teruji pada ibu-ibu hamil.

Jadi bagi para ibu yang lagi hamil ataupun bagi para calon ibu, patut membaca buku ini.

[ Review ini saya ambil dari tulisan saya di sana ]

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.