Tuesday, March 4, 2008

Payudara, Susu, dan Bakteri Enterobacter Sakazakii

breast_anatomy-wikipedia.jpgSalah satu susunan organ tubuh manusia adalah payudara. Payudara (Latin: mamma) adalah organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia.

breastfeeding_infant_wikipedia.jpgFungsi utama dari kelenjar susu adalah memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Proses pemberian air susu ini dinamakan menyusui. (Meskipun kelenjar yang menghasilkan air susu juga terdapat pada pria, normalnya kelenjar susu tersebut tetap tidak berkembang sempurna.)

Payudara memegang peranan penting dalam kebiasaan seksual manusia. Payudara merupakan salah satu karakteristik seks sekunder dan memegang peranan penting dalam daya tarik seksual pada partnernya, dan kesenangan individual.

Dan demi daya tarik seksual tersebut, banyak kaum ibu yang tidak mau menyusui bayinya. Ia lebih mempercayakan kepada sapi (berupa susu formula untuk bayi) untuk memberikan "makanan" kepada anaknya.

Dan kemarin, mereka dibuat kelabakan, tatkala beredar kabar adanya kandungan bakteri Enterobacter Sakazakii. Bagaimana nasib anaknya, begitu mungkin keluh mereka.

Coba seandainya payudaranya dipergunakan sesuai dengan fungsinya niscaya berita itu tak terlalu memusingkan mereka.

Jadi, marilah para ibu dan para calon ibu, berikan ASI kepada anak-anak kita!

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.