Monday, March 3, 2008

Ingin Memijat Bayi Sendiri?

pijat-bayi2.jpgPedoman Pijat Bayi (Edisi Revisi)
Penulis dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIMI
Penerbit Trubus Agriwidya, Jakarta, 2001.
Harga Rp 25.000

Sebelum dukun bayi/tukang pijat bayi yang ada di dekat tempat tinggal saya meninggal dunia, istri saya sering memijatkan bayi kami ? apabila habis jatuh/kedlinges, atau bila rewel terus menerus tanpa kami tahu sebabnya. Namun setelah dukun bayi itu meninggal dunia (tahun 2005), karena memang sudah uzur, agak repot bila mau memijatkan bayi kami. Karena sekarang ini keberadaan dukun bayi boleh dibilang langka. Kalau pun ada pasti amat jauh jaraknya dari tempat tinggal saya. Suatu hari, di toko buku Gramedia Malang, saya menemukan sebuah buku *Pedoman Pijat Bayi (Edisi Revisi)*, ditulis oleh dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIMI, Terbitan Trubus Agriwidya, Jakarta, 2001. Setelah saya baca barang beberapa halaman, ternyata buku tersebut seperti tahu kerepotan saya bila ingin memijatkan bayi saya. Sebab buku tersebut merupakan petunjuk praktis tahapan-tahapan pemijatan bayi yang lembut untukmempertahankan kesehatan atau ketenangan bayi usia 3 bulan ke atas. Kalau selama ini kebanyakan dari kita menyerahkan sepenuhnya urusan pijat-meminajt bayi ini kepada ahlinya ? yaitu dukun bayi, maka setelah membaca buku ini, dengan mengikuti panduan yang ada di buku ini. Lebih-lebih buku ini dilengkapi VCD yang berisi visualisasi pemijatan bayi. Asal kita ada niat, pasti bisa. Sekarang, malah kalau lama tidak dipijat, anak kami (sekarang berusia 3 tahun) pasti minta: Yah, ijet! Yah, ijet!!

Sejak Umur Berapa Pijat Bayi Dimulai?
Pemijatan Bayi dapat dilakukan, segera setelah bayi lahir, sesuai dengan keinginan orang tua. Semakin dini pemijatan dilakukan, semakin banyak keuntungan yang bakal didapat. Sedangkan waktu yang terbaik untuk melakuan pemijatan adalah pada saat pagi hari atau malam hari. Beberapa persiapan yang penting sebelum memijat bayi:
1. tangan bersih dan hangat.
2. kuku dan perhiasan jangan sampai menggores kulit bayi.
3. ruangan pemijatan diupayakan tidak pengap.
4. upayakan bayi sudah selesai makan/tidak sedang lapar.
5. perlu waktu sekitar 15 menit untuk melakukan seluruh tahapan pemijatan.
6. duduklah dalam posisi yang nyaman.
7. baringkan bayi di atas permukaan kain yang rata.
8. siapkanlah handuk, popok, baju ganti dan baby oil.
9. mintalah izin kepada bayi sebelum melakukan pemijatan.

[ Ini pernah saya tulis di sono ]

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.