Sunday, March 9, 2008

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 4 Tahun Lagi?

cover-surya.jpgSURABAYA - Surya Online - Umat Islam yang mampu dan berniat untuk menunaikan ibadah haji, tampaknya kini harus ekstra sabar. Sebab, jatah pendaftar untuk pemberangkatan haji hingga tiga tahun ke depan (2011), sudah tidak ada lagi alias penuh. Itu terjadi di sejumlah provinsi.

Untuk Jawa Timur (Jatim), meski jatah bagi pemberangkatan haji tahun 2011 masih ada saat ini, namun terbuka kemungkinan jatah itu akan cepat terisi. Sebab, sampai awal Maret ini saja, jumlah pendaftar sudah mencapai 5.866 orang dari kuota Jatim sekitar 33.935 orang.

Jadi, jika jumlah pendaftar haji makin hari terus bertambah dengan cepat, maka sangat mungkin kursi untuk pemberangkatan tahun 2011 di Jatim pun akan penuh. Artinya, baru empat tahun ke depan (2012), pendaftar baru bisa berangkat. Itu sebagaimana sudah terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini..

"Untuk awal tahun ini, pendaftar haji 2008 di Jatim masih akan bisa berangkat tiga tahun mendatang atau tahun 2011. Tapi, untuk pemberangkatan tahun 2008, 2009 dan 2010 sudah tertutup," kata Kepala Kanwil Depag Jatim, H Roziqi MM, di Surabaya, Jumat (7/3).

Melihat antusiasme dari umat Islam dalam melaksanakan Rukun Islam kelima ini, apa ini pertanda kemakmuran atau apa? Sementara di beberapa tempat masih sering kita dengar, kita baca dan kita lihat, masih banyak warga miskin yang kelaparan. Bahkan ada anak yang nekat gantung diri karena tindak kuat menahan lapar?

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.