Monday, March 17, 2008

Delete for Nurdin Halid

indonesia_fa.gifSelain di situs resmi FIFA, nama Ketua Umum PSSI Nurdin Halid ternyata juga kosong di situs resmi Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Halaman menyangkutIndonesia di situs aseanfootball.org/affiliates_04.asp, seperti yang terlihat Sabtu (15/3) hanya menyebut Nugraha Besoes yang menjabat sebagai Sekjen PSSI. (Sepak Pojok,Harian Surya, Minggu, 16 Maret 2008).

Ini artinya black list (atau blabk list) bagi Nurdin Halid di susunan pengurus PSSI, lantaran ia telah cacat dengan urusan kriminal. Tapi nampaknya, para Pengurus Daerah PSSI masih melakukan gerakan tutup mulut, menjelang Rapat Paripurna Nasional (Raparnas) PSSI tanggal 17 - 20 Maret 2008 di Bali.

Sementara itu, Mafirion, anggota Excecutive Comitte, dengan tegas berkata: tak ada ruang dalam raparnas untuk mengusung agenda mengganti ketua umum. Dia menuturkan, Raparnas hanya dilakukan untuk mengevaluasi program 2007 dan membahas program 2008. (Tak Ada Ruang Mengganti Nurdin, Harian Jawa Pos, Minggu, 16/03/2008).

Jadi, melihat fenomena ini, ibaratnya sekarang nasib persepakbolaan nasional Indonesia bak telur di ujung tanduk (kerbau). Kalau “kerbau”-nya dicocok hidungnya, niscaya awan gelap pasti bakal menghantui masa depan mereka.

Mestinya, sekarang saatnya para Pengda untuk berani bersikap dan bertindak tegas, dengan dilandasi nurani yang jernih, jujur, dan tak takut oleh “gurita kekuasaan” yang selama ini masih mencengkeram kepengurusan PSSI.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.