Friday, March 14, 2008

Andai Muhammad Lahir di Jawa

behindwindow.jpg6 hari lagi, 12 Rabiul Awal 1429 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 20 Maret 2008 dan bersebelahan dengan Kenaikan Nabi Isa, umat Islam merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Kaum ulama yang berpaham Salafiyah dan Wahhabi, (saya comot dari sini) umumnya tidak merayakannya karena menganggap perayaan Maulid Nabi merupakan sebuah Bid'ah, yaitu kegiatan yang bukan merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW. Mereka berpendapat bahwa kaum muslim yang merayakannya keliru dalam menafsirkannya sehingga keluar dari esensi kegiatannya.

Sementara itu, masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten.

Sedang di sebagian masyarakat muslim Sunni dan Syiah di dunia merayakan Maulid Nabi. Muslim Sunni merayakannya pada tanggal 12 Rabiul Awal sedangkan muslim Syiah merayakannya pada tanggal 17 Rabiul Awal, yang juga bertepatan dengan ulang tahun Imam Syiah yang keenam, yaitu Imam Ja'far ash-Shadiq.

Tadi malam, rencananya saya mau melakukan pembunuhan 1000 setan dengan istri saya. Namun karena istri saya nampak asyik terlelap dengan anak-anak saya, maka hanya bisa memandangnya saja. Lantar pikiran nakal saya muncul, seperti yang menjadi judul opini ini. Andai Muhammad lahir di Jawa,bagaimana perkembangan Islam. Apakah bisa seperti sekarang, tidak berkembang atau malah berkembang lebih pesat?

Kemungkinan, demikian pikiran saya menerawang, Al-Qur'annya pakai bahasa Jawa: Ha Na Ca Ra Ka. Lalu kiblatnya di mana?

Ah, setan alas! Kenapa pikiran ini jadi ngaco begini. Segera saja saya bangkit dari tempat tidur dan pergi mengambil air wudlu. Saya nelakukan sholat tobat. Semoga saya mendapat ampunan dari Allah SWT atas keliaran pikiran saya ini.

Subhanallah!

Selamat merayakan Maulid Nabi. Semoga jalan terang akan terus membimbing kita semua. Amiin ya Robbal Alamiin.......

150px-muhammed.gif

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.