Wednesday, April 16, 2008

Pilgub Jabar: Sinyal Pilpres 2009?

Yusuf Macan Effendi (lahir Jakarta, 14 September 1966) atau lebih dikenal dengan nama Dede Yusuf adalah seorang aktor Indonesia yang terkenal akan film-film laganya. Dia juga adalah salah seorang anggota DPR dari PAN.

Walau pada awalnya mas ‘Jojo’ ini ditolak oleh para kandidat yang sekarang dikalahkan itu, nampaknya kini mereka semua harus gigit jari.

Naga-naganya, suara rakyat yang akan menentukan siapa yang patut memimpin Jawa Barat. Hasil perhitungan sementara, baik perhitungan cepat maupun perhitungan lambat, nampaknya trend-nya ke sana. Walau di sana merupakan lumbung suara PDI Perjuangan dan Golkar, nampaknya rakyat ingin perubahan. Dan yang ketiban pulung adalah Ahmad Heryawan dan Komandan ‘pasukan bodrex’. Nampaknya para selebritis belakangan ini banyak yang terjun ke kancah politik. Di samping populer, dengan kocek hasil ber-selebriti, nampaknya cukup ampuh untuk mendulang suara. Terbukti, Rano Karno bisa jadi Wakil Bupati Tangerang.

Mudah-mudahan trend ini bisa dijadikan contoh dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden 2009 mendatang. Dan partai nampaknya tak lagi bisa sepenuhnya mengarahkan para pemilih seperti bebek-bebek, yang bisa digiring ke sana ke mari. Walau duwit ditebar ke mana-mana, niscaya masyarakat sekarang sudah semakin cerdik. Dan lagi begitu mudah menggadaikan suaranya untuk 50 - 100 ribu rupiah saja.

Mudah-mudahan, pada tahun 2009 nanti, betul-betul suara rakyat yang bicara.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.