Sunday, April 20, 2008

Charles Darwin Ada Di Internet

Charles Darwin, yang bilang bahwa nenek moyang manusia adalah monyet, draf pertama bukunya mulai bisa diakses lewat internet. Demikian BBC Indonesia memberitakan. Isi buku tersebut dinilai mengubah sikap dunia terhadap evolusi. Kumpulan tulis, yang menghasilkan teori evolusi Charles Darwin selama ini hanya tersedia bagi kalangan cendekiawan di perpustakaan Cambridge University, Inggris. Draf catatan itu termasuk arsip 20.000 berkas yang ditulis oleh ilmuwan abad ke-19.

Charles Darwin

Dr John van Wyhe, seorang spesialis Darwin pada Cambridge University, mengatakan: “Dia mengubah pemahaman kita tentang alam.”

Gagasan berpengaruh

Arsip online mengenai Charles Darwin itu begitu banyak, sehingga orang perlu waktu dua bulan untuk melihatnya jika mereka men-download satu image per menit.

“Makalahnya menunjukkan betapa terperinci penelitian-penelitiannya. Pihak keluarga selalu menghendaki makalah dan naskah Darwin tersedia untuk siapa saja yang ingin membacanya,” kata Dr van Wyhe.

“Kenyataan bahwa setiap di seluruh dunia kini bisa melihat arsip itu di internet benar-benar luar biasa,” tambahnya.

“Charles Darwin merupakan salah seorang ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah. Kumpulan makalah-makalahnya kini sangat penting dan karena sangat membangkitkan semangat,” kata Dr van Wyhe.

“Publikasi ini membuat makalah-makalah pribadinya, tumpukan catatan, eksperimen dan riset di balik karya publikasinya yang mengubah dunia tersedia secara gratis bagi dunia,” tandasnya.

Jurubicara Cambridge University mengatakan, publikasi online ini menampilkan sekitar 20.000 item dan hampir 90.000 gambar.

Proyek online ini dikembangkan selama beberapa tahun sebagai persiapan untuk memperingati ulangtahun ke-2000 ilmuwan yang di antaranya menulis buku the Origin of Species.

Lepas dari setuju atau tidak, kiranya fasilitas ini layak untuk dijadikan referensi. Sayangnya, di mana alamatnya, tidak dijelaskan dalam berita tersebut.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.