Saturday, January 26, 2008

Saya Ngantuk, Jadinya Saya Nubruk

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur adalah penting untuk kesehatan.

Pada saat tidur lelap mata mengalami gerakan cepat yang disebut REM (Rapid Eye Movement) yang biasanya dihubungkan dengan mimpi. Demikian Wikipedia menguraikan soal tidur.

Kalau tidur di atas tilam, apalagi kalau empuk, tentunya nikmat sekali. Namun, karena semalam saya kurang tidur, maka saya pun sempat tertidur di atas sepeda motor. Ceritanya begini:

Malam tadi, saya kebagian tugas jaga Ibu saya di rumah sakit. Otomatis waktu saya lebih banyak jaga ketimbang tidur.

Paginya, saat saya baru tiba di rumah, pukul 6 pagi, ada telepon. Saya pagi ini harus segera ke kantor. Ada hal penting yang harus segera ditangani.

Kontan saja saya segera mandi, ganti baju, dan berangkat ke kantor dengan sepeda motor kesayangan saya.

Untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih sering mengganggu konsentrasi saya, saya pun membunuh rasa kantuk itu dengan rokok. Begitu habis, segera saya sambung. Seperi asap "sepur" bin ketera api.

Namun, namanya juga apes. Dua kilometer dari kantor, rokok saya habis. Akibatnya, sliyeeeer, sepeda saya nyerong kanan, sementara mata terpejam karena rasa kantuk yang tak tertahan. Dan bruuuaaakkk!!!

Sepeda seorang ibu guru saya tabrak. Rapor yang mau dibagikan ke muridnya, berantakan. Segera saya matikan sepeda motor saya. Sambil minta maaf, juga berapologi soal kenapa saya sampai ngantuk, saya membantu mengemasi itu rapor.

Untungnya ibu guru itu bisa memahaminya. Setelah beres, segera kami meneruskan perjalanan masing-masing. Anehnya, saya sudah menjadi tidak ngantuk lagi.

Untungnya kami tidak sampai luka-luka. Begitupun sepeda kami berdua.

Alhamdulillah, ya Allah. Engkau masih melindungi saya.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.