Thursday, January 24, 2008

Para Petualang

Pengertian petualang selama ini diartikan sebagai seseorang yang (secara fisik) suka bepergian ke tempat-tempat lain (di luar rumah) yang ia anggap menarik.

Namun, di zaman kini, petualang tidak harus dilakukan secara fisik. Banyak media lain yang mendukung, sehingga petualangan itu bisa dilakukan sambil duduk manis atau bahkan sambil tiduran. Sarana-sarana itu, antara lain, sebagai missal: telephone rumah, hand-phone, komputer dengan internetnya.

Dengan telephon rumah, orang bisa ngobrol berjam-jam dengan pihak lain yang disukainya. Atau dengan HP bisa SMS, MMS berkali-kali sampai jemari pada kaku, atau dengan mouse, camera, mikrofon komputer merupakan sarana yang menyenangkan untuk memasuki dan berselancar di dunia maya yang tanpa batas.

Petualangan berdampak positif manakala apa yang dilakukan itu demi untuk sekedar refreshing, cari pengalaman baru atau yang semacamnya. Namun ia bisa berdampak negatif, manakala petualangan itu dilakukan demi untuk memenuhi hasrat nafsu yang kurang baik.

Bagi kaum pembujang, mungkin dampak negatif lebih banyak berpengaruh pada dirinya sendiri. Namun bila ia sudah berkeluarga, dampaknya negatif bisa multi-dimensi. Anak, istri dan keutuhan rumah tangganya.

Nah, sekarang pertanyaannya, anda termasuk tergolong petualang yang mana?

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.