Thursday, May 29, 2008

New Wave Marketing bagi Kompas.com

KOMPAS adalah bacaan saya sejak dulu.

Meskipun teman sekantor jarang yang suka koran ini, tapi tetap saja saya suka. Walau terus terang belakangan ini saya membeli KOMPAS hanya pada hari-hari tertentu saja. Maklum zaman repot nasi. Terlebih setelah sering menengok internet, saya malah jarang beli.

Dengan membaca di internet, selain lebih banyak, lebih variatif, juga bisa dicopy untuk dikliping dengan mudah. Tidak harus gunting-tempel. Menyusahkan saja. Apalagi bila di baliknya ada tulisan bagus. Mesti beli dua atau difotokopi dulu sebelum digunting.

Selain Kompas.com, juga ada Kompas cetak, Kompas Mobile, Kompas Image, Kompas TV, Seleb TV, Community, Entertainment, Bola dan Tekno.

Selasa kemarin, ada berita yang membanggakan. Di sana dikatakan Kompas.com Raih New Wave Marketing. Lengkapnya itu berita adalah sebagai berikut:

Kompas Gramedia, yang memelopori pendekatan pemasaran baru melalui megaportal Kompas.com, meraih New Wave Marketing Award. Perusahaan konsultan pemasaran MarkPlus Inc, yang memberikan penghargaan, menilai Kompas.com membangun relasi partisipatif dan kolaboratif dengan penggunanya.

Chief Executive MarkPlus Institute of Marketing Yuswohady di Jakarta, Selasa (27/5), mengatakan, penghargaan yang baru pertama kali diberikan ini dinominasikan pula untuk Toyota Astra Motor dan Sony Ericsson, sebelum akhirnya dimenangi kelompok Kompas Gramedia (KG).

”Melalui Kompas.com, KG telah bertransformasi dari media konvensional menjadi lebih sosial,” ujar Yuswohady sebelum penyerahan penghargaan.

Chief Executive Officer MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya menjelaskan, pendekatan pemasaran baru tak terhindarkan karena tuntutan kreativitas yang didorong perkembangan teknologi digital. Keterbukaan pasar serta menguatnya peran individual dalam perubahan sosial-ekonomi juga menjadi pendorong.

Perubahan dinamika itu membuat langkah promosi dari atas ke bawah tidak lagi efektif. Konsumen ingin lebih partisipatif.

”Sekarang tidak jelas lagi siapa kompetitor dan pelanggan Anda. Kadang diperlukan kolaborasi dengan customer, bahkan dengan kompetitor,” ujar Hermawan.

Menyikapi perubahan dinamika itu, megaportal Kompas.com didesain lebih partisipatif dengan beberapa fitur, seperti KompasTV, SelebTV, Videoku, sekaligus membangun komunitas dengan Forum Pembaca Kompas dan blog.

Akhir pekan lalu, Kompas.com juga meraih penghargaan Cakram, mengalahkan Detik.com dan Okezone.com. (DAY)

Profisiat untuk KOMPAS.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.