Thursday, November 15, 2007

Debu Berterbangan di Malang

Hari ini, sekitar pukul 08.45 WIB. langit di Kota Malang nampak penuh dengan mendung. Lebih dari itu, nampak debu berterbangan. Ini dapat saya rasakan, karena saya dalam perjalanan menuju ke kantor dengan mengendarai sepeda motor. Tiba-tiba mata saya seperti diserbu debu dengan ukuran cukup besar. Baju yang saya kenakan pun, nampak dipenuhi oleh debu.

Saya tidak tahu, debu ini berasal dari mana. Yang jelas, nampaknya, dari muntahan gunung. Entah, gunung Kelut atau gunung Semeru. Namun, yang mengkhawatirkan saya adalah soal jumlahnya. Tak biasanya debu yang berterbangan sebanyak seperti yang sekarang ini.

Apa aktivitas gunung Kelut yang sudah diturunkan dari awas menjadi siaga itu, meningkat lagi aktivitasnya. Atau mungkin gunung Merapi, yang memang sering batuk-batuk biasa itu, yang ini mengalami batuk yang lebih parah ketimbang yang biasa?

Saya berharap semoga kemungkinan-kemungkinan yang terburuk tidak bakal terjadi.

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.