Monday, October 27, 2008

Hari Blogger Indonesia 2008: Suara Baru Dari Dunia Maya

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.

Saya mulai ngeblog mulai bulan November 2007. tepatnya tanggal 10 November 2007, sebulan setelah Pesta Blogger Indonesia Pertama digelar. Bukan karena saya menghadiri acara itu, maka saya ngeblog. Saya malah baru tahu beberapa hari setelah itu. Tetapi lebih karena ingin sekedar refreshing bin wisata jiwa di alam maya. Hitung-hitung biar tidak gaptek.

Hari ini, adalah Hari Blogger Nasional yang kedua. Pesta Blogger yang recananya dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2008. Karena satu dan lain hal, diundur menjadi tanggal 22 November 2008. Dan bagi yang ingin berpartisipasi dapat Ndaftar di sini.

Dalam Siaran Pers-nya, dikatakan bahwa Tema Pesta Blogger 2008 adalah “blogging for society” atau nge-blog untuk masyarakat. Beberapa bulan belakangan ini, para blogger dan komunitas blogger dari berbagai daerah di Indonesia juga telah menyelenggarakan berbagai aktivitas sosial untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitarnya,” ujar Wicaksono alias NdoroKakung, Ketua Panitia Pesta Blogger 2008.

Dalam wawancara di Suara Pagi tvOne, Cahyana Ahmadjajadi, Dirjen Aptel Menkominfo, bilang blogger adalah Suara Baru Indonesia. Namun, lepas dari semua itu, bagi saya pribadi, otak yang sudah terpenuhi oleh rutininas pekerjaan sehari-hari, menjadi suatu rekreasi yang tak ternilai harganya.

Selamat ber-Hari Blogger Indonesia II

[ gambar diambil dari sini ]

No comments:


Soegeng Rawoeh

Mudah-mudahan apa yang tertuang dalam blog ini ada guna dan manfaatnya.